Google

Saturday, October 20, 2012

MIMBAR ILMIAH UNIVERSITAS ADI BUANA SURABAYA


PERANAN IT DALAM KBM 
 djoko Aw
di sampaikan pada:
MIMBAR ILMIAH DOSEN
Pengantar:
 Perkembangan teknologi informasi (TI) telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Menurut Rosenberg (2001), dengan berkembangnya penggunaan  TI ada lima pergeseran dalam proses pembelajaran yaitu: (1) dari pelatihan ke penampilan, (2) dari ruang kelas ke di mana dan kapan saja, (3) dari kertas ke “on line” atau saluran, (4) fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja, (5) dari waktu siklus ke waktu nyata. Komunikasi sebagai media pendidikan  dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dsb. Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut. Guru dapat memberikan layanan tanpa harus berhadapan langsung dengan siswa. Demikian pula siswa dapat memperoleh informasi dalam lingkup yang luas dari berbagai sumber melalui cyber space atau ruang maya dengan menggunakan komputer atau internet. Hal yang paling mutakhir adalah berkembangnya apa yang disebut “cyber teaching” atau pengajaran maya, yaitu proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan internet. Istilah lain yang makin poluper saat ini ialah e-learning yaitu satu model pembelajaran dengan menggunakan media teknologi komunikasi dan informasi khususnya internet. Menurut Rosenberg (2001; 28), e-learning merupakan satu penggunaan teknologi internet dalam penyampaian pembelajaran dalam jangkauan luas yang belandaskan tiga kriteria yaitu: (1) e-learning merupakan jaringan dengan kemampuan untuk memperbaharui, menyimpan, mendistribusi dan membagi materi ajar atau informasi, (2) pengiriman sampai ke pengguna terakhir melalui komputer dengan menggunakan teknologi internet yang standar, (3) memfokuskan pada pandangan yang paling luas tentang pembelajaran di balik paradigma pembelajaran tradisional.  Saat ini e-learning telah berkembang dalam  berbagai model pembelajaran yang berbasis TI seperti:  CBT (Computer Based Training), CBI (Computer Based Instruction), Distance Learning, Distance Education, CLE (Cybernetic Learning Environment), Desktop Videoconferencing, ILS (Integrated Learning Syatem), LCC (Learner-Cemterted Classroom), Teleconferencing, WBT (Web-Based Training), dsb.

Sekolah  dan perguruan tinggi di masa datang

Di masa-masa mendatang isi tas mahasiswa bukan lagi buku-buku dan alat tulis seperti sekarang ini,  akan tetapi berupa: (1) komputer notebook dengan akses internet tanpa kabel, yang bermuatan materi-materi belajar yang berupa bahan bacaan, materi untuk dilihat atau didengar, dan dilengkapi dengan kamera digital serta perekam suara, (2) Jam tangan yang dilengkapi dengan data pribadi, uang elektronik, kode sekuriti untuk masuk rumah, kalkulator, dsb. (3) Videophone bentuk saku dengan perangkat lunak, akses internet, permainan, musik, dan TV, (4) alat-alat musik, (5) alat olah raga, dan (6) bingkisan untuk makan siang.  Hal itu menunjukkan bahwa segala kelengkapan anak sekolah di masa itu nanti berupa perlengkapan yang bernuansa internet sebagai alat bantu belajar.                 
                Meskipun teknologi informasi komunikasi dalam bentuk komputer dan internet telah terbukti banyak menunjang proses pembelajaran mahasiswa secara lebih efektif dan produktif, namun di sisi lain masih banyak kelemahan dan kekurangan. Dari sisi kegairahan kadang-kadang mahasiswa lebih bergairah dengan internetnya itu sendiri dibandingkan dengan materi yang dipelajari. Dapat juga terjadi proses pembelajaran yang terlalu bersifat individual sehingga mengurangi pembelajaran yang bersifat sosial. Dari aspek informasi yang diperoleh, tidak terjamin adanya ketepatan informasi dari internet sehingga sangat berbahaya kalau mahasiswa kurang memiliki sikap kritis terhadap informasi yang diperoleh. Bagi anak-anak sekolah dasar penggunaan internet yang kurang proporsional dapat mengabaikan peningkatan kemampuan yang bersifat manual seperti menulis tangan, menggambar, berhitung, dsb. Dalam hubungan ini guru perlu memiliki kemampuan dalam mengelola kegiatan pembelajaran secara proporsional dan demikian pula perlunya kerjasama yang baik dengan orang tua untuk membimbing anak-anak belajar di rumah masing-masing.

Friday, October 12, 2012

PRINSIP MANAJEMEN LABA DAN KONSEP YANG MENDASARNYA - DRS. SUGIJANTO.MAK

Sudah menjadi tradisi di  Kampus Semamgat Pagi yang berlogo bunga Matahari ini, setiap Yudicium selalu mengisi kegiatannya dengan Orasi Ilmiah. Tujuannnya sudah pasti yakni ingin mengondisi agar  atmosfir akademik tetap terjaga. Sisi lain juga menggambarkan bahwa dalam tradisi akademik mewajibkan  coviats akademika untuk mempublikasikan hasil temuannya secara diri, agar terlegitimasi.
Kamrin saat  berlangusngnya Yudisium Sarjana Fakultas Ekonomi, Drs. Sugijanto, MAk mendapatkan kesempatan berorasi dengann tajuk; "PERSPEKTIF MANAJEMEN LABA DAN KONSEP YANG MENDASARINYA".  Dalam membahas konsep manajemen laba ini, Sugijanto merujuk tiga pendekatan untuk mendeteksi, yakni, aggregate accrual: specific Accrual dan distribution of earning after management.
Dalam orasinya dikatakan, bahwa saat ini terdapat perubahan orientasi perusahaan dalam mencari dana tambahan, perusahaan cenderung lebih menyukai mencari dana di pasar modal dibandingkan dengan mencari dana darim pinjaman atau hutang. Alasanyya jika perusahaan  mencari pinjaman atau hutang ada keharusan untuk mengembaliikan sekaligus dengan bungan pinjaman dan rentang waktu yang telah ditentukan. Namun jiga menggunakan dana dipasar modal, akan lebih leluasa untuk mengendalikan dan risiko jatuh tempo dapat dikendalikan juga.

Thursday, October 11, 2012

KONSEP TEORI DAN STRATEGI TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PEMECAHAN MASALAH PEMEBELAJARAN

               Untuk kesekian kalinya Drs. H. Ibut Priono Leksono, MPd menulis buku. Kali ini menulis bareng bersama sejawatnya ketika sedang menyelesaikan studinya di S3 Univerasitas Negeri Malang, yakni Drs. Agus Purwowidodo, MPd.
Tajuk yang dibentanghkan dlama karya bareng ini adalah: "konsep Teori dan Strategi Teknologi Pendidikan Dalam Pemecahan Masalah Pembelajaran.
Niatan menulis buku ini diawali keprihatinannya setelah melihat beberapa praktik pendidikan di tanah air yang kuranmg mengoptimalkan teknologi pembelajaran dalam mengatasi masalah-masalah pembelajaran. Buku ini ingin mendekatkan jurang pemisah tersebut, dengan cara memberikan suasana segar, agar para guru lebih optimal.
         Buku ini mengawalinya dengan apa dan mengapa Konsep dan Strategi Teknologi Pembelajaran, dan dipotret melalui kaidah keilmuaan (berdasar pilar-pilar keilmuan). Konsep dan Teori ditelaah melalui pilar epistemologi atau mempertanyakan bagaimana Konsep dan Teori Teknolohi Pembelajaran itu hadir. Kemudian mempertanyaan wujudnya dalam bentuk ranah ontologi, aerinya bagaimanakah bentuk atau wujud teori ini dalam aplikasinya kelak. Dan dari sisi kegunaan dan etika, buku menunjukkan bagaimana seharusnya mengplikasikan Teori tersebut. Dalam pemaparannya buku ini  dibagi kedalam sepuluh abab pembahasan anatara lain:
BAB I
Landasan Falsafah dan Teori Teknologi Pendidikan
BAB II
Kerangka Konseptual dan Sejarah Perkembangan Teknologi Pendidikan
BAB III
Definisi Teknologi Pembelajaran
BAB IV
Pergeseran Istilah Educational Technology Ke arah Instructional Technology
BAB V
Kawasan Teknologi Pembelajaran
BAB VI
Peran Teknologi Pembelajaran dan Pemecahan Masalah Pembelajaran
BAB VII
Kolaborasi Sistem Pendidikan dan Pembelajaran Dengan Teknologi Pembelajaran
BAB VIII
Landasan Penggunaan Teknologi Dalam Pendidikan  
BAB IX
Aplikasi Dan Potensi Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dalam Permbelajaran
BAB X
Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan
Data buku
JUDUL: Konsep  Teori Dan Strategi Teknoli Pendidkan Dalam Pemecahan Masalah Pembelajaran
PENULIS: Drs. H. Ibut Priono Leksono, MPd dan Drs. Agus Purwowidodo, MPd
PENERBIT:  AcimA Publishing. Jl. Demuk No. 41 Ngunut Tulung Agung Kode Pos 66292
ISBN: 978-602-19708-1-2

       

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK KEBIDANAN-SUTOYO

ALUMNI MENULIS:
Buku ini membentangkan Pendidkan Kewarganegaraan yang kurikulumnya sangat cocok untuk mahasiswa kebidanan. Isi buku selaras dengan silabus mahasiswa kebidanan, hal ini ditandai dengan pembahasan otonomi daerah. Bahkan buku ini juga membentangkan bagaimana demokrasi tumbuh ketika Musda IBI (Ikatan Bidan Indonesia), bahkan juga demokrasio yang terjadi di Munas PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia).
Penulis buku ini adalah almuni IKIP PGRI Surabaya, yang saat ini berubah menjadi Universitas Adibuana Surabaya. Bahkan dengan ketekunannya Sutoyo menjutkan ke jenjang S2 Teknologi Pembelajaran Universitas Adibuana Surabya. Saat ini penulis dipercaya sebagai Kepala Sekolah di SMK Mojosari.
Data buku:
Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi
Penulis : Sutoyo
ISBN : 978-979-756-744-6
Tahun terbit : 2011
Halaman : X+134


Buku Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi berkarakter ini disusun sesuai dengan SK Dirjen Dikti No. 267/Kep/2000, renstra kemendiknas RI 2010-2014 , penyajian materi berusaha mengkorelasikan dengan tugas mulia perawat atau bidan sesuai renstra kemenkes RI 2010-2014.
Buku ini merupakan suatu usaha mengungkapkan Paradigma baru dalam penyajian materi kuliah Pendidkan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi di Akper, Akbid dan Stikes dengan tujuan pada akhirnya mencetak mahasiswa-mahasiswi menjadi tenaga medis perawat atau bidan berkarakter dapat bersikap lembut, sabar, penyayang, ramah, sopan dan santun saat memberikan asuhan keperawatan terhadap pasiennya dijiwai rasa nasionalisme dan patriotisme di seluruh wilayah Negara kesatuan republik Indonesia.