Google

Monday, June 12, 2017

SAMBUTAN REKTOR GELAR TATA BOGA



SAMBUTAN REKTOR :
Gelar Karya Boga.
         Rasa bangga disertai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa,  karena kita semua selalu diberi ruang  gerak dalam unjuk karya. Sungguh mulia kiranya ketika Tuhan memberikan kesempatan itu, oleh karenanya kita pergunakan dengan manfaat sebaik-baiknya. Kita sadar bahwa kemuliyaan Tuhan telah membimbing kita dalam menumpahkan gagasan, dan menajamkan pengetahuan dengan ujung ide karya innovatif. Seperti penghelatan yang kita gagas saat ini dengan tajuk “Gelar Karya Boga – Prodi Tata Boga PKK Universitas Adi Buana.
       Gelar karya saat ini ingin menunjukkan kepada masyarakat berbagai hal yang bersangku paut dengan tata boga, sekaligus ingin mendekatkan diri kepada masyarakat, jika program studi tata boga selalu melakukan kajian-kajian inovasi dengan harmoni kemajuan zaman.
       Gelar karya boga ini setiap tahun dilaksanakan, disamping sebagai ladang adi kreativitas, tapi juga digunakan untuk meningkatkan kapabilitas mahasiswa, dengan berbagai peningkatan ketrampilan. Di Ajang gelar ini akan terjadi share of Knowledge (berbagi pengetahuan), share of skill (berbagi ketrampilan)  share of technologi (berbagi teknologi), ujungnya terjadi akumulasi berbagi pengalaman (Share of experient). 
Kita tentu menjadi sadar, bahwa tata boga bukanlah sesuatu yang dipandang dengan sebelah mata, dikerdilkan tanpa sapa, lalu diletakkan di barisan paling belakang.  Sejatinya kini justru menjadi sebuah komoditi yang menyatu dalam aktivitas pariwisata. Jika dioptimalkan bisa meningkat sebagai potensi mendatangkan devisa negara. Saat ini justru dibelahan negara, tata boga dijadikan icon kuliner yang menyedot perhatian wisatawan. Kalu kita sedang di luar negeri akan berjumpa lapak lapak kuliner seperti Food Truck (mobil kuliner), yang menempati berbagai sudut kota. Kini dunia memandang kuliner itu bukan pelengkap pariwisata, tapi sebagai main of tourism.   Pariwisata yang baik tanpa kuliner yang baik tak memiliki arti. Kuliner adalah bagian tata boga yang sekarang melaju pesat, menempati ranah terhormat.
Kini universitas Adi Buana ditantang untuk mampu mengambil peran yang dahsyat, memanfaatkan kesempatan, untuk terus menerus menggali pengetahuan tata boga, selanjutnya  mampu menelorkan formula formula yang adi rasa dengan sensasi ke Indonesiaan. Moga semua hasil dapat di dokumentasikan dengan baik, bahkan disetaip penyelenggarakan gelar tata boga akan lahir pustaka buru tata buka, dengan resep-resep yang amazing dengan bersadarkan ke-unikkan.  
Akhirnya selamat saya sampaikan terima kasih, kepada seluruh panitia, dosen pembimbing dan para mahasiswa yang terlibat  di kegiatan ini. Anda semua telah berproses, Anda telah berkontribusi. Dan ingat bahwa seorang-orang yang ikut dalam proses-proses kreatif, akan memiliki kebanggan hidup, dan kebanggan hidup itulah yang membuat serpihan otak kita untuk mengajak kita panjang usia.
Selamat menggelar acara untuk satu adi buana, aamiin.
Rektor Univerasitas Adi Buana


Djoko Adi Walujo DBA.

No comments: