Google

Monday, April 27, 2009

MEMBANGUN PROFESIONALISME GURU DAN PENGAWAS SEKOLAH-ZAINAL AQIB

ALUMNI MENULIS:
Membangun Profesionalisme Guru tidak dapat berdiri sendiri, membangun profesi harus memperhatikan pula lingkungan eksternal yang mempengaruhi. Atmosfir yang kondusif disamping akan mempercepat terbentuknya sosok guru profesionalis, dapat merawat kualitas sepanjang. Guru dan Pengawas dicermatai dalam satu rangkaian. Karena Guru yang baik dan berkualitas, tanpa diimbangi dengan pengawas yang berkualitas, justru akan menurunkan profesionalitas.
Diungkit secara piawai dalam buku ini wacana pengembangan Profesi Guru dari sisi peluang, tantangan dan implementasi. Bahwa pengembangan profesi, menurut buku ini tidak lepas dari pembangunan di ranah keahlian, ranah tanggung jawab, dan ranah keorganisasian.
Dalam mendukung guru yang profesionalis, buku ini juga menyertakan piranti-piranti pembelajaran dan penelitian tindakan kelas dalam wadah pembahasan wawawas pembelajaran, daya didukung ini dikemas dalam bab II
Selanjutnya untuk membekali para pengawas, buku ini membedah wawasan supervisi pendidikan, berikut penyusunan program pengawasan di sekolah, hal ini diwadahi oleh bab IV.
Sebagai wahana mempertajam pemahaman para guru dan pengawas, disertakan pula dalam buku ini Anggaran Dasar dan Anggran Rumah Tangga PGRI-Persatuan Guru Republik Indonesia, ISPI-Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia, dan Asosiasi Pengawah Seluruh Indonesia.
Data buku
JUDUL: Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah
PENULIS: Zainal Aqib dan Elham Rohmanto
PENERBIT: CV.Yrama Widya Bandung. JL. Permai 28 No. 97-100. Telp: 022- 5403518. Margahayu Permai Bandung [40218]. E-mail: : yramawidya@indo.net.id. http://www.yarama-widya.co.id/
ISBN: 979-543-475-6
TEBAL: 367 halaman

No comments: