Google

Friday, October 12, 2012

PRINSIP MANAJEMEN LABA DAN KONSEP YANG MENDASARNYA - DRS. SUGIJANTO.MAK

Sudah menjadi tradisi di  Kampus Semamgat Pagi yang berlogo bunga Matahari ini, setiap Yudicium selalu mengisi kegiatannya dengan Orasi Ilmiah. Tujuannnya sudah pasti yakni ingin mengondisi agar  atmosfir akademik tetap terjaga. Sisi lain juga menggambarkan bahwa dalam tradisi akademik mewajibkan  coviats akademika untuk mempublikasikan hasil temuannya secara diri, agar terlegitimasi.
Kamrin saat  berlangusngnya Yudisium Sarjana Fakultas Ekonomi, Drs. Sugijanto, MAk mendapatkan kesempatan berorasi dengann tajuk; "PERSPEKTIF MANAJEMEN LABA DAN KONSEP YANG MENDASARINYA".  Dalam membahas konsep manajemen laba ini, Sugijanto merujuk tiga pendekatan untuk mendeteksi, yakni, aggregate accrual: specific Accrual dan distribution of earning after management.
Dalam orasinya dikatakan, bahwa saat ini terdapat perubahan orientasi perusahaan dalam mencari dana tambahan, perusahaan cenderung lebih menyukai mencari dana di pasar modal dibandingkan dengan mencari dana darim pinjaman atau hutang. Alasanyya jika perusahaan  mencari pinjaman atau hutang ada keharusan untuk mengembaliikan sekaligus dengan bungan pinjaman dan rentang waktu yang telah ditentukan. Namun jiga menggunakan dana dipasar modal, akan lebih leluasa untuk mengendalikan dan risiko jatuh tempo dapat dikendalikan juga.

No comments: