Google

Thursday, May 7, 2009

PENELITIAN TINDAKAN KELAS GURU SMP,SMA, SMK-Zainal Aqib

ALUMNI MENULIS:
Semangatnya tidak pernah pudar, niatan untuk menggelarakan profesionalisme menjadi impiannya sejak sekolah guru, kini sudah ada tanda-tanda menjadi kenyataan, namun tidak begitu saja puas, perlu etos kerja terus menerus tanpa putus. .......... Keprihatinannya agar guru-guru mampu memainkan profesinya, dan terus berjuang menciptakan kreasi-kreasi pembelajaran dirasa perlu untuk menyuntikkan pemahaman tentang Penelitian. Tentunya Penelitian Tindakan Kelas, karena secara epitemologis, guru harus dibebani pemahaman riset, karena dengan riset akan dapat memecahkan masalah sekaligus menemukan kiat pengentasannya. Dengan riset akan memeberikan dukungan informasi dalam menentukan/memutuskan model-model pembelajaran yang pas dan tangguh.
Buku ini sengaja dilahirkan untuk menjawab tantangan-tantangan tersebut, dan secara optimis dikatakan, jika guru telah memahami Penelitian Tindakan Kelas, maka out-put siswanya sudah dapat dijaminkan.
Dalam penyajiannya buku ini membelah dua bahasan, pertama mebahas hal ikwal penelitian tindakan kelas, mulai dari hakikat, prosedur, menetapkan masalah, analisis, hingga pembuatan laporan.
Kemudian bahasan berikutnya berupa contoh-contoh penelitian tindakan kelas, utamanya yang kuat kaitan dengan dengan pembelajaran.
Konsistensi dengan judul buku ini, maka contoh-contoh yang disajikan adalah bentuk laporan penelitian, yakni laporan penelitian untuk guru SMP, SMA, dan SMK.
Data buku
JUDUL: Penelitian Tindakan Kelas Untuk SMP, SMA, dan SMK
PENULIS: Zainal Aqib, Siti Jaiyaroh, Eko Diniati, Khusnul Khotmah
PENERBIT: CV. Yrama Widya. Jl. Permai 28 No.97-100 Mega Permai Bandung 40218. Telpon 022-5403518. E-mail: yramawidya@indo.net.id
ISBN: 978-979-543-589-1
TEBAL: viii+ 344 : 12,5 x 19 cm
CETAKAN: I. Nopember 2008
Yang di bahas:
Bagian Pertama:
[Penelitian Tindakan Kelas -(Tinjauan Praktis)]
  1. Pendahuluan
  2. Hakikat PTK
  3. Langkah-langkah PTK
  4. Perencanaan Tindakan Kelas-Cara Membuat Proposal
  5. Melaksanakan Perbaikan Dalam Pembelajaran
  6. Analisis Hasil PTK
  7. Penulisan Laporan
Bagian Kedua:
[Penelitian Tindakan Kelas (Tinjauan Aplikatif)]
  1. Laporan Hasil PTK SMP
  2. Laporan Hasil PTK SMA
  3. Laporan Hasil PTK SMK

No comments: