Google

Tuesday, May 26, 2009

PEDOMAN PEMILIHAN GURU BEPRESTASI-KEPALA SEKOLAH BERPRESTASI dan PENGAWAS SEKOLAH BERPRESTASI


ALUMNI MENULIS:
Dalam buku ini diunggah beberapa pedoman sekaligus Indikator berserta rubrik penilaian, terkait dengan pemilihan Kepala Sekolah Berprestasi, Pengawas Sekolah Berprestasi dan Guru Beprestasi. Buku ini juga memberikan pedoman kepada institusi pendidikan yang ingin menyelenggarakan Pemilihan. Mulai dari dasar hukum penyelenggaraan, hingga pembiayaan diberikan contoh secara rinci.
Data buku
JUDUL: Pedoman Pemilihan Guru Berprestasi, Kepala Sekolah Berprestasi, Pengawas Berprestasi
PENULIS: Zainal Aqib
PENERBIT: CV Yrama Widya. Jl. Permai 28 No. 97. Telepon 022-5403518 Margahayu Permai, Bandung 40218
ISBN: 978-979-543-764-2
TEBAL: 224 halaman: 12,5 x 19 cm
CETAKAN: November 2008
..maaf belun tuntas

Monday, May 25, 2009

STANDAR KUALIFIKASI-KOMPETENSI-SERTIFIKASI GURU-KEPLA SEKOLAH-PENGAWAS

ALUMNI MENULIS:
Berbagai rujukkan terkait dengan Standar Kompetensi Guru, Standar Kualifikasi Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah.
Buku ini menguraikan secara sekunesial dan sistematis bagaimana sebuah persyaratan seorang guru, hingga pengawas. Sajian buku didesaian dalam bentuk matrik yang terdiri dari kolom dimensi kompetensi yang harus dipenuhi. Menurut buku ini seorang profesional seperti guru, Kepala sekolah dan Pengawas sekolah dituntut untuk bekerja dengan mengedepankan knowledge dan skills yang memadai. Minimal harus sadar dan mengetahui standar apa yang harus dipenuhi. Buku ini merespon beberapa fernomena, karena masih banyak dijumpai, seorang guru yang belum sepenuhnya memahami ranah kompetensinya. Zainal Aqib penulis buku ini menjelaskan, sesuai pengalamannya sebagai Pegawas Sekolah.
Data buku
JUDUL: Standar Kualifikasi – Kompetensi – Sertifikasi – Guru – Kepala Sekolah – Pengawas Sekolah
PENULIS: Zainal Aqib
PENERBIT: CV Yrama Widya. Jl. Permai 28 No. 97. Telepon 022-5403518 Margahayu Permai, Bandung 40218
E-mail: Yramawidya@indo.net.id http://www.yrama-widya.co.id
ISBN: 978-979-543-765-9
TEBAL: 104 halaman: 12,5 x 19 cm
CETAKAN: November 2008

Tuesday, May 19, 2009

KEJIKAN PUBLIK SEKTOR INFORMAL-Dr. Alisjahbana, MA


DOSEN MENULIS:
Ada sebuah adigium yang mengatakan:
'Jika kita mengambil keputusan dan didasarkan pada tataran yang kosong[ingnorance], maka hasilnya adalah ketidak pastian [uncertainty]'
'Jika kita mengambil keputusan yang didasarkan pada situasi yang setengah-setengah, maka hasil keputusan akan mendatangkan risiko [risk]'
'Jika kita mengmbil keputusan dengan pemahaman masalah secara penuh [Completly in knowledge], hasil keputusan bernilai kepastian [certainty].
Adigium diatas kongruen dengan yang ditulis oleh Dr. Alisjahbana, MA, bahwa kebijakan publik sektor informal, yang hanya dibekali dengan inisiasi masalah secara kurang lengkap [atomistic] apalagi menafikkan kenyataan empirikal, maka dapat dipastikan menuai masalah baru.
Kebijakkan publik menurut buku ini harus dibangun secara utuh menyeluruh [holistic], dengan serta merta melibatkan secara penuh domain yang terlibat.
Selera penguasa atau selera kekuasaan tidak selayaknya tertuang dalam kebijkan publik. Kebijakan oublik juga bukan kebijakan yang didekte oleh pengusa global. namun harus berorientasi pada tataran empirikal. Banyak produk kebijakan dibuat, justru melahirkan sebuah kerugian, yakni merugikan komunitas publik. Sangat mengenaskan jika kebijkan publik justru memberikan kenikmatan hanya di sisi penguasa atau pengambil keputusan. Akan lebih naif jika pengmbil keputusan itu tidak memamhami dampak yang diputuskannya, atau lebih parah jika seakan-akan tidak mengetahui. Jika demikian maka dapat dipastikan, hasil kebijakan tersebut pasti di tolak oleh publik [masyarakat]
Buku ini terlahir sebagai teks analisis kebijakan publik sektor infoirmal, berkecenderungan di ranah pragmatis, kritis, sistematis, dan balutan kajian yang diformat secara kontemporer dan populer.
Data buku
JUDUL: Kerbijakan Publik Sektor Informal
PENULIS: Dr. Alisjahbana,MA
PENERBIT: Lutfansah Mediatama. Jl. Darmokali I/11 Surabaya
ISBN: 979-97071-4-5
TEBAL: xxi + 271 halaman : 14,5,x 21
CETAKAN: Pertama Juni 2004
Yang dibahas:
  • Format kebijakan publik yang partisipatoris,
  • Kebijkan publik yang keberpihakkan pada rakyat,
  • Dinamika kebijakan publik dengan perspektif new public management
  • Kebijkan publik yang bercitarasa memberdayakan dan menumbuhkan sektor informal
  • Model-model kebijakaan yang bottom up
[Buku ini mengangkat secara radikal model kebijakan yang memiliki Buku ini mengangkat secara radikal model kebijakan yang memiliki sense of humanize, collaboration, participatory]

Thursday, May 14, 2009

PELANGI BEA SISWA SOLUSI MERAIH PRESTASI

ALUMNI MENULIS:
Saat sedang bertebaran bea siswa, dari dalam negeri atau manca negara, tentunya siapa yang jeli akan terpenuhi, dan siapa yang cermat memperoleh manfaat. Banyak beasiswa sedikit informasi, sama dengan orang kehilangan kesempatan. Zainal Aqib alumni Universitas PGRI Adibuana Surabaya kembali beraksi dengan solusi. Lahirlah buku yang bertajuk Pelangi Baesiswa, judul yang bermakna bahwa bea siswa itu tersedia dimana-mana dan bervariasi bentuknya. Memalui buku ini khlayak baca diajak untuk menggali informasi berkait dengan bea siswa dan cara memperolehnya.
Menurut buku ini beasiswa itu dilihat dari asalnya digolongkan menjadi dua, berasal dalam negeri dan berasal dari luar negeri
YANG BERASAL DARI DALAM NEGERI
Beasiswa Lembaga Gerakan nasional Orang Tua [GNOT]
Beasiswa Bakat dan Prestasi
Beasiswa DIKTI
Beasiswa Gerakan Belajar Mandiri
Beasiswa Etos Dompet Dhuafa
Beasiswa AZIS DKI
Beasiswa Utusan Daerah [BUD] IPB
Beasiswa Yayasan Orbit
Beasiswa Mitra Pendidikan Global
Beasiswa Epson Scholarship Program
Beasiswa Exxon Mobil
Beasiswa Siemens
Beasiswa PresidentUniversity
Beasiswa Al-Falah
Beasiswa Unilever Indonesia
Beasiswa Indofood Sukses makmur Tbk
Beasiswa Yayasan Orbit
Beasiswa The Habibie Centre
Beasiswa Supersemar
Beasiswa Yayasan SDM IPTEKS
Beasiswa Sampoerna Foundation
Beasiswa ASTRA
Beasiswa BAZIS DKI
Beasiswa Mizan
Beasiswa Untuk Anak Yatim rahmania Foudation
Bantuan Operasional sekolah
Bea Studi Etos untuk Kaum Dhuafa
BEASISWA DARI LUAR NEGERI:
(Ragam Beasiswa Negeri Paman Sam- Amerika Serikat)
Beasiswa Fullbright
Beasiswa Hubert H. Humphrey Fellowship
Beasiswa Kelly Elizabeth Stephens-Memorial Scholarship Fund
Beasiswa Alfred Friendly Pres Fellowship Fund
(Beasiswa Negeri Sakura- Jepang)
Beasiswa Monkubugakusho
Beasiswa INFEX Foundation
Beasiswa The OKAZAKI Kaheita-International Scholarship Foundation
Beasiswa the HITACHI Scholarship
Beasiswa Matsushita Electric Indutrial Co.Ltd
Beasiswa Aichi Scholarship
Beasiswa the Japan Securities Scholarship Foundation
Beasiswa Asian Development Bank
Beasiswa the Japan Institute of International Affairs
Beasiswa the Tokyo Metropolitan Goverment Forign Student Scholarship
Beasiswa Sogo Prefectural Scholarship
Beasiswa JICE JDS Scholarship
Beasiswa API Fellowships
(Beasiswa Chevening - Inggris)
(Beasiswa Arab Saudi)
Beassiwa Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud
Beassiwa Universitas Raja Saud
Beasiswa Universitas Islam Madinah
Beasiswa Universitas Ummul Quro
Beasiswa Universitas Perminyakan dan Pertambangan Raja Fahd
(Beasiswa Negeri Berunag Merah - Rusia)
Beasiswa Universitas Prestisius
(Beasiswa Perancis)
Beasiswa SFere
Beasiswa Prix Mahar Schutzenberger
Beasiswa Unggulan Eiffel
(Beasiswa Negeri Kangguru-Australia)
Baesiswa Australia Development Scholarship [ADS]
Beasiswa Mereton Queensland engineering Scholarship [MQES]
Beasiswa International Postgraduate. Research Scheme [IPRS]
Beasiswa Australian Education [AEI] Indonesia Merdeka Fellowship
Beasiswa Swinburne University International Postgraduate Research Scholarship
Beasiswa Roberth Holmes a Court Foundation Bursaries
(Beasiswa Industri Jerman)
(Beasiswa Negeri Singa - Singgapura)
Beasiswa Norwegia
Beasiswa Korea Selatan
Beasiswa Pemerintah
Beasiswa the Transnational Law and Bussines University
Beasiswa Kon-KukUniversity
Beasiswa Seoul National University
(Beasiswa Bollywood-India)
Beasiswa Kebudayaan
Beasiswa badan Hibah Universitas
Beasiswa Kerja Sama Teknik dan ekonomi
(Beasiswa Pascasarjana SWIS [FCS])
(Beasiswa Sudan)
(Beasiswa Menuju Iran)
(Beasiswa Universitas Al-Azhar, Kairo-Mesir)
(Beasiswa Antar Bangsa Malaysia)
(Beasiswa Universitas Bagdad-Iraq)
(Beasiswa Universitas Islam International Pakistan)
(Beasiswa Tarbiyah As Sa'Siyah-Kuwait)
(Beasiswa Negara Suriah)
Beasiswa Sekolah Pemerintah
Beasiswa Sekolah Swasta [Ma'had]
(Beasiswa Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab [LIPIA] Jakarta)
Data buku
JUDUL:Pelangi Beasiswa, Solusi Meraih Prestasi
PENULIS: Zainal Aqib
PENERBIT: CV. Yrama Widya, Jl. Permai 28 No. 97-100. Telpon (022) 5403518. Margahayu Permai Bandung 40218
ISBN:978-979-543-594-5
TEBAL: 96 halaman 12,5 x 19 cm
CETAKAN: I- 2008

MODUL KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN- Dr. Suryaman, MP.d

DOSEN MENULIS
Modul ini di desain layaknya LKS-Lembar Kerja Siswa, namun secara substansi levelnya disetarakan pada kemampuan seorang mahasiswa untuk mengendus pengalaman empiriknya. Dengan modul ini mahasiswa akan dapat mendiskusikan hasil temuannya dan kemudian di konfrontir dengan teori-teori yang sudah mapan.
Modul ini ini sekaligus juga berfungsi sebagai ringkasan belajar, karena isinya berbetuk pointer-pointer, sedangkan diskripsi lengkap akan dibuat exercise.
Data Modul
JUDUL: Modul Kepemipinan Pendidikan
PENULIS: Dr. Suryaman MPd.
PENERBIT: University Press Adibuana Surabaya. Jl Ngagel Dadi II-B/37 Surabaya
TEBAL: 68 halaman

MODUL STRATEGI PENGEMBANGAN MUSIK

ALUMNI DAN DOSEN MENULIS:
Modul ini adalah karya kolaborasi antara dosen dan alumni. Drs. Achmad Fanani, ST adalah dosen pada program PGSD- FKIP Universitas Adi Buana Surabaya, sedang Drs. Gunawan Suwondo, MPd, adalah alumni Pascasarjana Universitas Universitas Adibuana Surabaya.
Dalam modul hasil kolaborasi ini dibentangkan upaya-upaya spesifik terkait dengan pengembangan Musik untuk calon Guru Taman Kanak-Kanak.
Modul ini merupakan modul yang mendukung pengakayaan pengetahuan musik bagi calon Guru TK, sehingga secara minimal seorang guru telah memahamai cara-cara pengembangan musik, serta dapat melakukan improvisasi-improvisasi.
Data buku
JUDUL: Modul Strategi Pengembangan Musik
PENULIS: Drs. Gunawan Suwondo, MP.d dan Drs. Achmad Fanani ST
PENERBIT: University Press UNIPA Surabaya
CETAKAN I- Tahun 2007

Friday, May 8, 2009

KARYA ILMIAH BAGI PENGEMBANGAN PROFESI GURU-Zainal Aqib

ALUMNI MENULIS:
Banyak guru-guru yang 'macet' kenaikan pangkatnya, gara-garanya bukan karena malas mengajar, atau karena nir kemampuan, namun karena lemahnya ketrampilan menulis karya ilmiah. Karena minimnya ketrampilan itu, acapkali para guru tidak memulai, atau kadang merasa jera karena karyanya tertolak. Kondisi ini harus segera sirna, kerna kenaikkan pangkat yang terhambat akan berpengaruh pada kinerja. Kini hal itu tidak mungkin terjadi lagi, sudah banyak buku yang dapat digunakan mendulang karya, bahkan guru akan lebih mudah mensiasati.
Zainal Aqib merespon dengan menyuguhkan karyanya, harapannya setiap guru di negeri ini mampu menulis KTI.
Kenyataan menunjukkan kepada kita semua bahwa kenaikan pangkat/jabatan Guru Pembina /Golongan IV-a ke atas diwajibkan ubtuk memenuhi angka kredit kegiatan pengembangan Profesi. Salah satu macam kegiatan Pengembangan Profesi Guru adalah menyusun karya Ilmiah.
Hakikat pengembangan profesi ini, adalah kegiatan guru dalam rangka pengamalan ilmu dan pengetahuan, teknologi dan ketrampilan untuk meningkatkan mutu baik bagi proses belajar-mengajar dan profesionalisme tenaga kependidikan lainnya maupun dalam rangka menghasilkansesuatu yang bermanfaat bagi pendidikan dan kebudayaa.
Macam kegiatan guru yang termasuk kegiatan Pengembangan Profesi adalah:
  • Melaksanakan kegiatan tulis/karya tulis ilmiah di bidang pendidikan
  • Membuat alat pelajaran/peraga atau bimbingan
  • Menciptakan Karya Seni
  • Mengikuti pengembangan kurikulum.
KARYA TULIS ILMIAH:
Yang termasuk karya tulis ilmiah yakni:
Karya [tulis] ilmiah hasil penelitian, pengkajian, survey, dan atau evaluasi di bidang pendidikan
Karya tulis atau makalah yang bgerisikan tinjauan atau ulasan ilmiah hasil gagasan sendiri dalam bidang pendidikan
Tulisan Ilmiah Populer di bidanmg pendidikan dan kebudayaan yang disebarluaskan melalui media massa
Prasarana yang berupa tinjauan, gagasan atau ulasan ilmiah yang disampaikan dalam pertemuan ilmiah
Buku pelajaran atau Modul
Diktat Pelajaran
karya penerjemahan buku pelajaran/karya ilmiah yang bermanfaat bagi pendidikan.
Data buku
JUDUL: Karya Tulis Ilmiah
PENULIS: Drs. H.Zainal Aqib, MPd, dkk
PENERBIT: CV.Yrama Widya Bandung. Jl Permai 28 No. 97-199. Terlp: 022-5403518, Margahayu Permai, Bandung [40218]. E-mail: yramawidya@indo.net.id website: http://www.yrama-widya.co.id/
ISBN: 979-543-108
TEBAL: 248; 14,4 x 20,5 cmCETYAKAN: V: Juni 2008
Yang dibahas:
  • Bagian Pertama:

Pedoman Ringkas Penyusunan karya Tulis Ilmiah Bagi Pengembangan Profesi Guru

CONTOH-CONTOH KARYA TULIS ILMIAH

  • Bagian kedua:
Gambar Prangko Sebagai Media Pembelajaran IPS di Sekolah dasar
  • Bagian Ketiga:
Optimalisasi Penguiasaan Kosa Kata Bahasa Inggris bagi Siswa TK denganb Menggunakan Teknik Pedrbaian 'Badean'
  • Bagian keempat:
Rangkaian Penyearah Jembatan Sebagai Alat Bantu untuk Mencari pasangan Besaran dan Satuan Fisika
  • Bagian Kelima:
Strategi Metode Actual Learning dan Pengitegrasian Life Skill untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Sosiologi Siswa SMA
  • Bagian Keenam:
Penggunaan Alat Peraga Apiuk dalam Pembelajaran Lambang unsur dan Rumus Kimia mampu meningkatkan hasil belajar Kimia siswa kelas I mesin SMK Negeri i Jenangan Ponorogo

BUKU AKTIVITASKU TAMAN KANAK-KANAK B Semeter 1

ALUMNI MENULIS:
Anies Listyowati menulis kembali, ranah tulisan tetap, yakni seputar aktivitas anak usia TK B. untuk dibelajarkan pada motorik halus, ketrampian melipat, menggunting, dan mewarnai.
Dalam menyajiannya Enies membagi ruang per ruang perhatian, misalnya tentang diri sendiri, lingkungan,kebutuhan diri, binatang dan perhatian. Hasil diharapkan adalah kemampuan-kemampuan:

  • Membilang sederhana [kognitif]
  • Menggunting [motorik halus]
  • membedakan dua benda [kognitif]
  • Merobek kertas glase [seni]
  • Mewarnai gambar [seni]
  • Mengurai gambar seri [berbahasa]
  • Menceritakan gambar [berbahasa]
  • dll


Data buku

JUDUL: Buku Kreativitasku-Taman Kanak-Kanak A-Semester I
PENULIS: Anies Listyowati
PENERBIT: PT. Penerbit Erlangga, Jl. H.Baping Raya 100 Ciracas, Jakarta 13740
ISBN: 978-979-015-839-9
CETAKAN: I- 2008
TEBAL: 68 halaman

DAMAR KURUNG DARI MASA KEMASA-Dr. IKA ISMOERDIJAHWATI KOESHANDARI

DOSEN MENULIS:
Kota Gresik yang terkenal agamis, bahkan orang menyebutnya kota yang memiliki cita rasa Islamik. Makam Sunan Giri salah satu dari wali ada di Kota Gresik, yang populis disebut kota 'pudak'. Ternyata di kota ini mengalir pula sebuah karya seni yang unik, sebuah karya yang ditekuni oleh seorang perempuan bernama Masmundari, orang mudah mengenalnya, ketika orang menyebutkan kata ' Mbah Mundari'. Karya seni itu adalah paduan" damar kurung"[lampu yang terkurung, lampu dalam kurungan], seperti lampion, yang selanjutnya dihiasi dengan lukisan tangan.
Keunikannya membuat ketertarikan seorang-orang perempuan yang juga dosen universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Dia adalah Ika Ismoerdijahwati-Dosen Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Apa yang dilihatnya, akhirnya membawa keinginan yang lebih dalam untuk memahami jatidiri Mbah Mundari. Entah filosofi apa yang diperolehnya ketika itu. Akhirnya beberapa singungannya dengan pengkreasi Damar Kurung ini berlanjut pada penelitian yang lebih tajam dengan intensitas yang kerap, dan buahnya adalah gelas magister di bidang seni dari Fakultas Seni Rupa & Desain Institut Teknologi Bandung.
Kendati telah mendapat buah dari Damar Kurung itu, ternyata Ika masih meminati, bahkan berupaya maksimal uantuk menjadikan "Damar Kurung" sebagai Special Icon kesenian kota Gresik. Rupanya setelah bergulat dengan dunia seni yang juga disemangati oleh karya monomentalnya ketika S2 di Bandung, Ika mengkristalkan tekadnya untuk menyelesaikan program doktornya. Kini telah doktor, dan masih kuat niatannya untuk melestarikan 'Damar Kurung'. Selanjutnya dilahirkanlah buku dengan tajuk Damar Kurung Dari Masa Ke Masa.

Data buku
JUDUL: Damar Kurung Dari Masa Ke Masa
PENULIS: Ika Ismoerdijahwati Koeshandari
PENERBIT: Dewan Kesenian Jawa Timur. Taman Mayangkara 06 Surabaya 60241. Telepon 031-5610432. E-mail: dk_jatim@yahoo.com. Website: http://www.dewankesenianjatim.com/ dan http://www.brangwetan.com/
ISBN: 978-979-18793-4-7
CETAKAN: Pertama Januari 2009
TEBAL: 200 halaman . 15 x 20 cm
[Catatan Ika Ismurdijahwati. K. telah menerbitkan beberapa Buku dan ber ISBN, dan akan di unggah pada kesempatan lain]

SADAPAN RINGKAS:
Gambar-gambar Masmundari bukan hanya visual, tetapi juga auditif, bahkan indera perasa digambarkan (arah tiupan angin). Gambar-gambar Masmundari boleh disebut holistik. Dia selalu menggambar sosok manusia secara penuh, tidak parsial seperti lukisan modern. Manusia dan alam, manusia dan benda-benda buatannya, semuanya digambar utuh seperti yang dipersepsinya. Dia berterus terang dengan kemampuan teknis dan kemampuan kognitifnya, lengkap dengan kekurangan dan kejujurannya. Garis-garisnya spontan, bentuk-bentuknya unik-naif. Tema-temanya tentang kegembiraan hidup. Warna-warnanya cerah, terang, ceria, aneka warna. Mirip gambar anak-anak yang belum kenal tipu daya.Meskipun demikian, gambar-gambarnya adalah purba. Kosmologi purba masih kuat mendasari cara gambarnya. Arah kiri dan arah kanan mempunyai makna sesuai dengan makna kosmologi tua Indonesia. Begitu pula arah atas dan arah bawah. Kenyataan seperti ini masih terdapat pula dalam pertunjukkan wayang kulit, wayang wong dan wayang beber. Lebih tua lagi terdapat dalam arah gambar-gambar relief candi. Petunjuk utama pemahaman gambar-gambar damarkurung Masmundari adalah tuturan pelukisnya sendiri. Saya mendengarkan rekaman videonya ketika menceritakan arti gambar-gambarnya. Dengan petunjuk-petunjuk dari pelukisnya sendiri ini, kita tinggal menafsirkan struktur berpikir mana yang dia pakai. Dan ternyata banyak mengandung cara berpikir tua, yakni Tantrayana.Tidak mengherankan apabila sisa-sisa terakhir cara gambar ini terdapat di Jawa Timur, Gresik. Masmundari tentulah salah satu keturunan dari nenek moyang warga Majapahit. Kerajaannya boleh lenyap, tetapi manusia-manusia yang membawa nilai-nilai Majapahit masih terus hidup melalui berbagai generasi. Bahwa cara gambar Masmundari bersifat kehindu-budhaan, dapat dilihat dari teater tutur masyarakat Sunda, pantun, yakni Panggung Karaton, yang masih menyebutkan istilah “damarkurung”. Pada waktu menceritakan suasana kraton Dayeuh Manggung, pantun ini menyebut adanya “damarlilin di tiap bilik, damarkalang di tiap tiang, dan damarkurung di tiap ujung ruangan”. Kalau ada yang menduga bahwa damarkurung tak lain adalah lampion yang ditiru dari budaya Cina, boleh jadi mendekati kebenaran. Sampai sekarang pun, dalam film-film silat Hongkong, kita temukan lampion-lampion digantung di teras-teras rumah atau toko-toko Cina. Dengan demikian, damarkurung aslinya, di Indonesia. Juga dibungkus oleh kertas. Ini memungkinkan adanya upaya mengisi bidang-bidang kosong lampion itu dengan gambar-gambar. Dan karena cara menggambar pada zaman itu berorientasi pada kepercayaan agama Hindu-Budha-Tantra, maka cara gambar semacam itulah yang dikerjakan untuk relief, buku-buku lontar, wayang beber, wayang dan damarkurung ini.



JATI DIRI PENULIS:

Penulis dilahirkan di Kotamadya Malang, Jawa Timur dan lulus SMA Santa Maria Surabaya lalu melanjutkan pendidikan di IKIP Surabaya (sekarang) Universitas Negri Surabaya. Memperoleh gelar sarjana pendidikan seni rupa dari Institut Keguruan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni jurusan Seni-Rupa. Kemudian sebagai staf pengajar seni rupa di IKIP PGRI Surabaya (sekarang) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Bekerjasama mendirikan Rumah Produksi Fotografi dan Perfileman “studio G” Surabaya. Mengikuti berbagai event pameran seni rupa bersama dan tunggal. Mengikuti juga beberapa pelatihan tentang Penulisan Skenario Televisi Pendidikan, yang diselenggarakan Televisi Pendidikan Indonesia (TPI) di Surabaya dan mengikuti Kepelatihan Penggunaan teknologi Komputer untuk bidang Grafis dan Animasi oleh Hewlett Packard Internasional di Sanggrila Hotel Surabaya. Mengikuti workshop Penelitian Tradisi Lisan (ATL) Internasional, di Taman Ismail Marzuki Jakarta. Mengikuti pelatihan Metode Penelitian Kesenian oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Institut Kesenian Jakarta, di Wisma Karya Jasa, Pusdiklat Depnaker Ciloto Puncak – Jawa Barat. Tahun 1990 sampai dengan 1993 sebagai anggota presidium Dewan Kesenian Surabaya. Tahun 1999 mengikuti pendidikan Program Magister Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung. Tahun 2001, memperoleh gelar Magister Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung. Tahun 1994 sampai dengan 1998 sebagai anggota presidium Dewan Kesenian Jawa Timur. Tahun 1999 sampai sekarang anggota direktori MSPI (Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia) TIM Jakarta. Tahun 2007, memperoleh gelar Doktor Seni Rupa dari Institut Teknologi Bandung, sekaligus menangani buku, transkrip dan naskah kuno koleksi perpustakaan Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung.Email : ika_stitb@yahoo.com

Thursday, May 7, 2009

PENELITIAN TINDAKAN KELAS GURU SMP,SMA, SMK-Zainal Aqib

ALUMNI MENULIS:
Semangatnya tidak pernah pudar, niatan untuk menggelarakan profesionalisme menjadi impiannya sejak sekolah guru, kini sudah ada tanda-tanda menjadi kenyataan, namun tidak begitu saja puas, perlu etos kerja terus menerus tanpa putus. .......... Keprihatinannya agar guru-guru mampu memainkan profesinya, dan terus berjuang menciptakan kreasi-kreasi pembelajaran dirasa perlu untuk menyuntikkan pemahaman tentang Penelitian. Tentunya Penelitian Tindakan Kelas, karena secara epitemologis, guru harus dibebani pemahaman riset, karena dengan riset akan dapat memecahkan masalah sekaligus menemukan kiat pengentasannya. Dengan riset akan memeberikan dukungan informasi dalam menentukan/memutuskan model-model pembelajaran yang pas dan tangguh.
Buku ini sengaja dilahirkan untuk menjawab tantangan-tantangan tersebut, dan secara optimis dikatakan, jika guru telah memahami Penelitian Tindakan Kelas, maka out-put siswanya sudah dapat dijaminkan.
Dalam penyajiannya buku ini membelah dua bahasan, pertama mebahas hal ikwal penelitian tindakan kelas, mulai dari hakikat, prosedur, menetapkan masalah, analisis, hingga pembuatan laporan.
Kemudian bahasan berikutnya berupa contoh-contoh penelitian tindakan kelas, utamanya yang kuat kaitan dengan dengan pembelajaran.
Konsistensi dengan judul buku ini, maka contoh-contoh yang disajikan adalah bentuk laporan penelitian, yakni laporan penelitian untuk guru SMP, SMA, dan SMK.
Data buku
JUDUL: Penelitian Tindakan Kelas Untuk SMP, SMA, dan SMK
PENULIS: Zainal Aqib, Siti Jaiyaroh, Eko Diniati, Khusnul Khotmah
PENERBIT: CV. Yrama Widya. Jl. Permai 28 No.97-100 Mega Permai Bandung 40218. Telpon 022-5403518. E-mail: yramawidya@indo.net.id
ISBN: 978-979-543-589-1
TEBAL: viii+ 344 : 12,5 x 19 cm
CETAKAN: I. Nopember 2008
Yang di bahas:
Bagian Pertama:
[Penelitian Tindakan Kelas -(Tinjauan Praktis)]
  1. Pendahuluan
  2. Hakikat PTK
  3. Langkah-langkah PTK
  4. Perencanaan Tindakan Kelas-Cara Membuat Proposal
  5. Melaksanakan Perbaikan Dalam Pembelajaran
  6. Analisis Hasil PTK
  7. Penulisan Laporan
Bagian Kedua:
[Penelitian Tindakan Kelas (Tinjauan Aplikatif)]
  1. Laporan Hasil PTK SMP
  2. Laporan Hasil PTK SMA
  3. Laporan Hasil PTK SMK

BUKU AKTIVITASKU TAMAN KANAK-KANAK A Semester I

MAHASISWA MENULIS:
Anies Listyowati adalah mahasiswa diploma 2 PGTK Univ. PGRI ADi Buana Surabaya, yang kini juga sebagai tenaga pengajar di Taman Kanak-kanak Bhayangkara Surabaya. Termasuk Guru TK yang produktif. Menurut pengakuannya sudah sekitar 25 buku yang di susun kesemuanya telah ber-ISBN, bahkan terpasarkan secara nasional.
Buku-buku Anies mayoritas berkaitan dengan pembelajaran anak usia dini, utamanya dalam membangkitkan daya kreativitas. Seperti buku yang diunggah di Jaring Pustaka ini. Membelajarkan tentang motorik halus, seni dan kemampuan kognitif. Tentunya Anies tetap berpaku pada sebuah "pakem" bahwa buku ini didesain dengan prinsip 'bermain sambil belajar', dan tujuan pembelajaran dikemas untuk tidak menampakkan bentuk-bentuk instruksional, melainkan substansi yang di sembunyikan. Target buku ini agar anak-anak dapat melakukan aktivitas melipat, emnggunting dan mewarnai, baik di sekolah maupun di rumah
Data buku
JUDUL: Buku Kreativitasku-Taman Kanak-Kanak A-Semester I
PENULIS: Anies Listyowati
PENERBIT: PT. Penerbit Erlangga, Jl. H.Baping Raya 100 Ciracas, Jakarta 13740
ISBN: 978-979-015-837-5
CETAKAN: I- 2008
TEBAL: 64 halman

Wednesday, May 6, 2009

PROFESIONALISME GURU DALAM PEMBELAJARAN- ZAINAL AQIB

ALUMNI MENULIS:
Buku ini memfokuskan pembicaraan pada pembingkaian profesonal guru dengan memberikan suntikan vitamin "konwledge" sekaligus "skill". Khalayak baca diingatkan oleh buku ini agar senantiasa membangun citra diri dengan mengedepankan profersionalisme, dengan tidak melupakan domain keahlian [Expertise]. Buku ini mencoba mengembangkan secara tuntas domain keahlian untuk sesi 'teaching method'[ metodologi pembelajaran. Tanpa penguasaan teknik, strategi yang masuk pernik-pernik pembelajaran, maka dapat dipastikan guru tidak mampu menempatkan peran sebenarnya. Buku ini berkontribusi agar para profesionalis pendidikan memahami dan mampu berapresiasi di bidangnya, oleh karenanya buku ini tidak membentangkan teori, namun juga memberikan deskripsi-diskripsi praktis.
Data Buku
JUDUL:Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran
PENULIS: Zainal Aqib
PENERBIT: Insan Cendekia
ISBN: 979-9408-34-2
TEBAL: xii + 172 halaman
CETAKAN: II - 2006
Yang Dibahas:
  • Dasar-dasar Pendidikan, mulai dari filosofi hingga, tokoh-tokoh serta pengembangan kurikulum
  • Masalah-masalah Pembelajaran, mulai darti hakikat, karakteristik, variabel yang berpengaruh, sampai dengan evaluasi
  • Perofesionalisme Guru, mulai dari kode etik, Kemampuan dasar, hingga wadah berhimpunnya para guru

Tuesday, May 5, 2009

TAKSONOMI RESPON DALAM PEMBELAJARAN-Prof.Dr.Hartanto Sunardi, MPd.,ST.,S.Si

ORASI ILMIAH:
Hartanto Sunardi-Guru Besar Pendidikan Matematika Universitas PGRI Adibuana ini, memiliki ketertarikan yang amat mendalam pada persoalan belajar dan pembelajaran, nampaknya keinginan itu dilakukan dengan memotret persoalan melalui buah pikir seorang-orang pakar bernama Biggs & Collis (1982). Karya Biggs & Collis itu berupa desain taksonomi respon yang lebih populis dengan nama Taksonomi SOLO-[Structure of Observed Learning Outcame]. Taksonomi ini merupakan piranti yang berperan untuk mengevaluasi kualitas respon siswa terhadap suatu tugas. Dalam menfungsikan perannya, taksonomi Solo ini melihat bahwa respon siswa itu terbagai dalam lima tingkatan, yakni prastrutural, unistruktural, multistruktural, relasional, dan extended abstarct...maaf belum tuntas

Monday, May 4, 2009

UNIVERSITAS ADI BUANA YANG SAYA KENAL - Prof. SOELAIMAN JOESOEF

[Perjalanan Sebuah Universitas]
REKTOR KEDUA MENULIS:
"Jasmerah"- Jangan melupakan sejaras, demikian yang dikatakan oleh mendiang Paduka Yang Mulia Presiden Soekarno, dalam sebuah amanatnya. Akronim yang bermakna tajam, seakan memperingatkan kita yang sering pelupa, dan menjadi bangsa pelupa. Memang tidak ada bangsa yang mampu menjaga eksistensinya, ketika bangasa itu sudah kerasukkan pola sikap yang 'A Historis'. Ketika orang melupakan sejarah, maka dengan tidak terasa akan mengkikis daya juangnya. Orang yang melupakan sejarah akan kesulitan merampungkan visi bijak yang pernah dicanangkan.
Prof. Soelaiman Joesoef, sadar betul akan peringatan itu. Di sela kesibukannya sebagai Rektor Universitas, disempatkan untuk merapungkan sebuah tulisan terkait dengan sejarah IKIP PGRI Surabaya, yang pada tahun 1985 yang lalu telah menjelma menjadi Universitas PGRI Adibuana Surabaya.
Buku ini, bukan karya yang pertama Soelaiman Joesoef, tapi masih banyak karya lain yang telah diukir, bahkan menyebar diberbagai penerbit.
Dari buku ini bila dicermati ada semacam keyakinan yang tersimpan di benak Prof Soelaiman Joesoef ketika itu, yakni ingin merespon nama universitas ini. Universitas Adibuana itu, harus membuana, artinya dikenal di kalangan luas. Dengan tulisan inilah, maksud Prof. Soelaiman Joesoef akhirnya tergapai lunas.
Data buku
JUDUL:Universitas PGRI Adi Buana Surabaga Yang Saya Kenal. [Perjalanan Sebuah Universitas]
PENULIS: Prof. Soelaiman Joesoef
PENERBIT: University Press-Unipa Surabaya. Jl. Ngagel Dadi IIIB-37 Surabaya.
CETAKAN: I-20 Mei- 2006
TEBAL: v + 79
Bab Yang Dibahas:
  1. Periode 1971-1985-IKIP PGRI Sarmidi Mangun Sarkoro-IKIP PGRI Jawa Timur 1985-1998

  2. Periode 1985-1998-IKIP PGRI JAWA TIMUR - IKIP PGRI SURABAYA

  3. Periode 1998-SEkarang-IKIP PGRI SURABAYA-UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

LELAKON TEMPO DOELOE-ACHMAD HUDAN DARDIRI

REKTOR PERTAMA MENULIS:
Adalah kumpulan puisi karya Andjar Hulu Darma, nama samaran HA. Hudan Dardiri, mantan Rektor, Birokrat, Mantan Bupati, Mantan Walikota, Politikus, Pejuang, Budayawan, Penyair yang juga Cerpenis. Sekitar 100 puisi karyanya dikais dari koleksi Almarhum Prof. Dr. Suripan Hutomo, yang diarajut ulang oleh Dr. Sunu Catur.B. dkk.
Dalam buku ini karya Hudan ditampilkan, untuk diapresisi, ternyata mengundang puji, namun tak jarang pula dikritisi. Sebagian karyanya mengalirkan sebuah pembenaran akan pentingnya hidup berdampingan, dan menghindarkan sikap centang perentang.Kisah kasih juga terunggah, guratan filosofis religius disuguh. Karya Andjar Hulu Darma ini, bukan seterial dari gugatan, ini terbukti pernah juga menui protes ketika Hudan mengunggah karya dengan judul"Natal 1998, Tahun Baru" dan "Damai Natal".[halaman:42-43]
Orangpun jadi maklum karena Hudan adalah ikon muslim taat, dan jika dipanggil Kiai banyak orang yang mengagumi dan mengamini. Tiba-tiba menoreh karya yang memiliki citarasa Nasrani. Akhirnya Hudan menjelaskan dengan gaya khasnya, bagaikan berbalas pantun, dicipta puisi dengan judul "Dialog" dan " Korban"[halaman: 47-48]
Data buku
JUDUL: Lelakon Tempo Doeloe
PENULIS:Achmad Hudan Dardiri
PENERBIT: Widya Wacana Nusantara [WICARA]- Malang, Padepokan Sastra Tan Tular Walandhit Tel. 0341-552840.
TEBAL: 66 halaman
CETAKAN: Pertama 2003
HIMPUNAN PUISI:
  1. Riwayat
  2. Kasih
  3. Meraba-raba
  4. Nanti Akan Tiba
  5. Masuk Peti senja
  6. Racun Doa
  7. Tak Dapat Lupa
  8. Pulang Saja
  9. Cinta Atau Kasih
  10. Bekal di Padang Mahsar
  11. Cermin
  12. Saudaraku
  13. Natal 1998, Tahun Baru 1999
  14. Damai Natal
  15. Sejahteralah Idul Fitri 1419H
  16. Mesra
  17. Tahun Baru 2002
  18. Korban
  19. DialogSelamat Idul Fitri
  20. Lukisan dan Harapan
  21. Sisa-sisa
  22. Beda
  23. Yang Gila Yang Binasa

CERITERA PENDEK:

  1. Buruh [dimuat: Majalah Tindjauan No. 3 tahun III - 1950]
  2. Karena patria [dimuat: Majalah Tinjauan Surabaya No. 3. Tahun III Septemeber 1950]
  3. Pungkis di Antara Koreksi [dimuat: Majalah Tinjauan Surabaya Th III No. 6.31 Mei 1951]

Sunday, May 3, 2009

SISI GELAP PERKEMBANGAN KOTA-Dr.ALISJAHBANA,MA

DOSEN MENULIS
Kata 'urban' sangat populer di perkotaan, karena kepopulerannya bahkan mengundang sejuta dataran permasalahan jika di-urai yang tidak selesai. Buku ini menolaknya, dan mempersepsikan lain.
Berbicara kata urban, lekat sekali dengan masalah manusia yang termarginalkan, karena kata urban ini selalu ditandai dengan 'orang kecil' atau 'simiskin' yang membawa segerombol masalah dan acapkali membuat masalah bagi lainnya. Rupanya stigma baruk ini melekat kuat pada pelaku sentral urban, bahwa sang pelaku selalu sama dan sebangun dengan malapetaka. Dari stigma ini membuat manusia terkungkung, dan acapkali setiap membuat keputusan salah.
Buku ini hadir sebagai pengalaman seorang-orang yang mencermati sebuah perlaku aktivitas birokartis. Banyak pelaku birokratis yang kurang piawai dalam memecahkan masalah-masalah yang dihadapi masyarakat miskin, sehingga keputusan yang diambil menjadi pemberat dan terkesan gegabah. Pengalaman lain yang diperoleh juga menggambarkan birokrasi yang cenderung menghindari masyarakat miskin, dan menganggapnya bahwa kelompok miskin kurang menguntungkan, dan justru sebagai penghambat pencapaian tujuan.
Kahadiran buku ini mengaharapkan terbentuknya birokrat yang mengarah pada pencapaian tujuan dengan melibatkan keterlibatan secara holistic, termasuk golongan yang terkategorikan miskin. Bukan pula perilaku sebaliknya yang cenderungan dalam pengambilan keputusan menafikan, bahkan memarginalkan. Perilaku birokrasi yang kondusif dan adaptif terhadap tumbuh kembangnya aspirasi masyarakat miskin, serta mampu memberikan ruang gerak bagi masyarakat miskin untuk mengartikulasikannya, adalah perilaku yang diharapkan buku ini.
Bidang garapan lain yang harus dipastikan adalah cara-cara arif bagaimana memberikan kesempatan kepada masyarakat miskin untuk berpartisipasi dalam pembangunan.
Inilah sebuah sisi gelap, jika kota memaqndang masyarakat miskin adalah penyakit, dan tidak memiliki kontribusi apapun.
Buku ini sangat tepat dibaca oleh para birokrat pengambil keputusan, bahkan intelektual kampus, para pengusaha, perumus kebijakan pembangunan wajib baca.
Data buku
JUDUL: Sisi Gelap Perkembangan Kota
PENULIS: Dr.Alisjahbana, MA
PENERBIT:LaksBang PRESSindo. Jl. Kaliurang, Km.6. Pandega I/A-02, Yogyakarta 55284. Telp. [0274]. 566171. E-mail: laksbangk@yahoo.com Po.Box. 6413 YKGK Yogyakarta 55221
ISBN: 979-99912-4-2
CETAKAN: Ke-1 Oktober 2005
Telusur:
Penulis Buku ini, Dr. Alisjahbana, MA, adalah dosen tetap Universitas Adi Buana Surabaya progdi PWK-Universitas Teknik. Deretan jabatan di birokrasi tidak peernah dilewati, bahkan langganan menjadi Sekkota. Kerapkali menjadi advisor diberbagai bidang, kendati dosen perguruan tinggi swasta kepiawaiannya intelektual cukup handal. Oleh karenanya hingga saat ini juga tercatat sebagai dosen pascasarjana di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, juga di Universitas Airlangga Surabaya.
Kecermatanya dalam memahami tata-tata kota yang diperoleh di luar negeri, maka mendapat kepercayaan sebagai staf ahli manteri, tepatnya staf ahli Menteri Perumahan Rakyat, dan masih aktif mengajar.
Lebih dari 20 buku yang dihasilkan Alisjahbana, juga rajin menjadi editor buku, dan menulis secara kolaboratif.

Saturday, May 2, 2009

KONSEP TEKNOLOGI DALAM PENGEMBANGAN PRODUK INDUSTRI

DOSEN MENULIS
Dalam kehidupan sehari-hari kita melihat kemajuan demi kemajuan teknologi, kadang tidak terasa mengundang decak kagum kita akan kehebatannya. Namun orang tidak sadar bahwa kehadiran teknologi tidak serta merta, tapi melewati jalan berliku, mulai dari konsep, menuju disain hingga terlahir sebagai produk akhir [finish good]. Perjalanan produk yang berliku, dengan topangan desain yang disokong pula oleh konsep teknologi, ternyata juga tidak memiliki umur yang panjang. Teknologi ternyata mati muda [Young Technologies], lahir, kemudian diikuti lagi kelahiran yang lebih baru dan seterusnya. Kelahiran produk satu dengan produk lain yang lebih baru itu, ternyata memiliki limit waktu yang berdempetan.
Realiatas inilah yang selanjutnya melatari berbagai produk, dan buku ini merespon juga realitas itu. Sisi lain buku ini memperingatkan kepada khlayak bacanya agar tetap menjunjung kedasarn lingkungan, oleh karenanya terdapat dua bab yang secara khusus mencerminkan kesadaran tersebut. Seperti pada Bab 13, yang mengangkat Pesan-Pesan Hijau Dan Eco Labelling, serta bab. 14, yang membentangkan Pencemaran Dan Polusi Udara
Kelahiran buku ini ternyata memberikan sentuhan konsep untuk maksud mengembangkan, dan membuat inovasi-inovasi.
Buku ini menggunakan pendekatan kolaboratif pada konsep Teknologi dan Desain Produk Industri. Dan Buku ini juga merupakan karya kolaboratif antara Ir. Suwarno Tahid dosen senior Politeknik Perkapalan Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya, dan Yunia Dwie Nurcahyanie, ST. Dosen pada program studi Teknik Industri Universitas Adi Buana Surabaya.
Data buku
JUDUL: Konsep Teknologi dalam Pengembanagan Produk Industri-[Pendekatan kolaboratif pada konsepTeknologi dan Desain Produk Industri]
PENULIS; Ir. Suwarno Tahid & Yunia Dwie Nurcahyanie, ST
PENERBIT:Kencana Prenada Media Group. JL. Tembara Raya No. 23 Rawamangun Jakarta 13220. Telpon [o21] 478-64657. E-mail: pmg@prenadamedia.com
ISBN: 978-979-1486-05-7
CETAKAN: 1- September 2007
TEBAL: xvi + 208 halaman ; 23 cm
ISI BAHASAN:
Bab. 1: Sejarah Rekayasa Teknologi Dari Zaman ke Zaman
Bab. 2: Definisi Teknologi
Bab. 3: Etika Seorang Sarjana Teknik/Insinyur
Bab. 4: Apakah Desain itu?
Bab. 5: Inovasi Mulai Dari Mata : Pengalaman Dari Ideo
Bab. 6: Tahap Demi Tahap Pngembangan Dari Inovasi Produk Industri
Bab. 7: Penyelesaian Masalah
Bab. 8: Problem Based Learning Dalam Keteknikan
Bab. 9: Pemanfaatan Teknologi Informasi Sebagai Inovasi Pembelajaran Di Perguruan Tinggi
Bab.10: Fase Perubahan
Bab.11: Teknologi Daur Ulang Berorientasi Ramah Lingkungan
Bab.12: Sampah Produk Industri Dan Permasalahannya
Bab.13: Pesan-Pesan Hijau Dan Eco Labelling
Bab.14: Pencemaran dan Polusi Udara
Telusur:
Yunia Dwie Nurchayanie, ST, adalah dosen Program Studi Teknik Industri Universitas Adi Buana.Pernah bekerja sebagai Desainer PT.SEI Bali. Kini sedang menyelesaikan program Pascasarjana di Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya.

PEMEMIMPINAN PENDIDIKAN-Dr.SURYAMAN,.MPd

DOSEN MENULIS
Hal yang terkait dengan Kepemimpinan Pendidikan di kupas tuntas oleh buku ini, mulai dari konsep, karekter hingga implementasi kepemipinan dipertajam. Istimewanya buku ini disertakan pula bahan pengkayaan dari berbagai tulisan pakar yang kontennya berdekatan dengan pokok bahasan bab.
Misalnya ketika membahas Tipe-tipe Kepemimpinan [BabII], buku inimemberi tambahan pengkayaan dengan mengangkat tulisan, Adi Suyatno, Bc.IP, SH, MH-Widya Iswara Utama Lemhannas RI, judul Kepemipinan Strategis di Abad XXI. Dengan pengkayaan ini, maka pemahaman tentang tipe-tipe Kepemimpian akan lebih komrehensif.
Buku ini juga menyertakan exircise dan ancangan diskusi dengan membekali acuan ringkas.
Data buku
JUDUL: Kepemipinan Pendidikan
PENULIS: Dr. Suryaman, MPd
PENERBIT: Universitas Negeri Malang [UM PRESS]. Jl. Surabaya 6 [Jl. Gembong 1] Malang Kode Pos 65145. Telpon: 0341-553959
ISBN: 979-495-862-X
TEBAL: 289 halaman. 27 Cm
CETAKAN: I- 2008
Bab Yang Dibahas:
Bab. 1: Konsep, Prinsip, dan Syarat-syarat Kepemimpinan Pendidikan
Bab. 2: Tipe-tipe Kepemipinan Pendidikan
Bab. 3: Perkembangan Teori Kepemipinan Dalam Organisasi Pendidikan
Bab. 4: Kepemimpinan Dalam Administrasi Pendidikan
Bab. 5: Membina Hubungan Baik Dengan Masyarakat
Bab. 6: Manajemen Konflik
Bab. 7: Pengambilan Keputusan
Bab. 8: Evaluasi Kepemipinan Dalam Pendidikan
Bab. 9: Anggaran Pendidikan
Bab.10: Akuntabilitas Pendidikan
Bab.11: Kepala Sekolah Dan MPBS
Bab.12: Kepala Sekolah Dan Suoervisi Pengajaran
Telusur
Dr. Suryaman, MPd, adalah dosen pascasarjana Universitas PGRI Adibuana Surabaya, kini menjabat Direktur II Program Pascasarjana. Telah banyak buku dan modul yang dihasilkan, bahkan ketika menjadi donsen Yunior di Adibuana, Suryaman pernah menulis resensi buku Filsafat Karya Dr. Jujun Suriasumantri.

BELAJAR TAJWID, MAKHRAJ & SIFAT HURUF

ALUMNI MENULIS
Membentangkan hal yang terkait dengan 'Mengenal, Memahami, Mengucapkan Huruf Hijaiyah Secara Benar Mutlak', itulah isi buku ini.
Model penyajian buku ini dibuat secatra sekuan sial [urut-runtut], sehingga seorang pembaca akan mudah cerna. Dalam penjaian pelavalan, diberikan visualisasi yang jelas mengenai letak huruf di dalam rongga mulut.
Data Buku:
JUDUL: Belajar Tajwid, Makhraj & Sifat Huruf
PENULIS: Ikhya Ulumiddin, MPd
PENERBIT:Kartika Surabaya
CETAKAN: I- Juni 2003
TEBAL: 82 Halaman
Telusur:
Tentang Penulis:
Terlahir dengan nama Ikhya Ulumiddin, di kota Lamongan, Jawa Timur, tanggal 2 Maret 1965. Gelar Master Pendidikan dari Universitas PGRI adi Buana Surabaya. Saat ini aktif sebagai Pengajar dan Konsultan Ilmu Al-Quran di Msjid Al-Falah, Masjid Al-Akbar dan diberbagai lembaga Pendidikan Al-Quran. Penulis buku ini aktif pula di organisasi BKPRMI [Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia] DPD Sutrabaya dan DPW Jawa Timur.
Menjabat sebagai Direktur Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak Al-Quran An-nafi. Wakil Direktur LPPTKA[Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Taman Kanak-kanak Al-Quran

GEOMETRI TRANSFORMASI-Drs, IBUT PRIYONO LEKSONO<.MPd

DOSEN MENULIS
Di desain untuk pengkayaan [enrichment] mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas Adibuana. Sekaligus untuk memberikan bantuan pemahaman, karena itu buku ini dapat dikatakan sebagai simplikasi dari buku-buku teks yang terkesan tebal.
Buku ini membentangkan 'Geometri Tranformasi' dengan bab-bab bahasan sebagai berikut:
Bab.1; Membahas Tranformasi, meliputi-[Geometri Tranformasi; Tranformasi sebagai Fungsi; Unsur tetap/sifat tetap; Isometri]
Bab.2.; Membahas Komposisi Dua Tranformasi meliputi-[Kompisisi Tranformasi; Indentitas; Invariansi]
Bab.3.; Membahas Grup Transformasi, meliputi-[Involusi dan Invers]
Bab.4.; Membahas Translasi, meliputi-[Definisi Translasi;Karater Translasi; dan Fotrmulanya]
Bab.5.; Membahas Setengah Putara, meliputi-[Definisi Setengah Putaran, Karateristik Setengah Putaran, dan Formulanya]
Bab.6.: Membahas Pencerminan [Refleksi=Simetri Garis], meliputi-[Definis Pencerminan; Karakteristik Pencerminan dan Formulanya]
Bab.7.; Membahas Putran [Rotasi], meliputi-[Definisi Rotasi; Karakteristik Rotasi dan Formulanya]
Bab.8. ; Membahas Hasilkali Isometri, meliputi-[Definisi Pencerminan; Komposisi Pencerminan]
Data buku
JUDUL: Geometri Tranformasi
PENULIS: Drs. Ibut Priono Leksono, MPd
PENERBIT: University Press-Universitas Adi Buana Surabaya
TEBAL:62 halaman
CETAKAN: Mei 2006
Telusur:
Drs. Ibut Priono Leksono,MPd, adalah dosen program studi pendidikan Matematika-FKIP Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Sedang bersiap menyelesaikan Program S3-Teknologi Pembelajarn di Universitas Negeri Malang.