Google

Wednesday, May 16, 2018

SAMBUTAN REKTOR PENGUATAN LANJUTAN BAGI PENGELOLA JOURNAL ON LINE TERAKREDITASI



SAMBUTAN REKTOR
PENGUATAN LANJUTAN BAGI PENGELOLA JOURNAL ON LINE TERAKREDITASI
(Kerjasama Kemenristekdikti dan Universitas Adi Buana Surabaya)
Merupakan kebahagian bagi kami yang selalu dipercaya sebagai mitra penyelenggara Pelatihah Reviewer Kemenristek dikti. Kepercayaan semakin meneguhkan kami menarik pengalaman, sekaligus pemahaman, betapa pentingnya Journal bagi eksitensi perguruan tinggi yang mengangkat marwah akademi. Tentunya kepercayaan ini akan mendorong kami untuk lebih sadar, bahwa tantangan masa depan perguruan tinggi kelak diukur dari tingkat kuantita dan kualita hasil hasil research yang terunggah.
Kita semua juga telah sadar bahwa selama ini, maha karya penelitian atau kajian-kajian yang telah memakan biaya dan menguras pikiran hanya teronggok di rak-rak perpustakaan menjadi pajangan dan tak termanfaatkan. Kehadiran teknologi akhirnya memberikan saluran terhormat dengan jangkau manfaat yang luas dan sangat dahsyat. Sebaran jaringan yang tanpa batas, sembari memberikan infomasi yang membawa reputasi bagi perguruan tinggi.
Journal on line juga membawa kaidah terhormat, karena semua unggahan akan terbuka untuk dicermati, dikritisi, bahkan akan dibuat referensi. Dengan sifatnya yang terbuka ini, maka hasil karya akan tereduksi dari naluri plagiasi.
Demophobia juga harus disingkirkan di ranah ini, semua yang menyatakan dirinya seorang-orang yang menyandang akademisi harus berani mengunggah karyanya. Ketakutan akan menggungah karya, akan membuat karya menjadi stangnasi, karena tiadanya feed back, berarti pula turunya nilai-nilai aksiologi. Sebuah nilai yang mengedepankan manfaat dan etika.
Lalu juga tidak boleh merasa karyanya ter-bully, apa lagi tumbuh Katagelophobia (e fear ridicule). Ketika katagelophobia hinggap pada seorang akademisi, yang popukler dengan “ciut nyali” maka tidak akan ada satu karyapun bakal terlahirkan.
Tentunya pada kesempatan ini saya berharap, kepada para reviewer, kelak untuk lebih berperan pada pembangkit energi potensial para pengunggah karya, bukan berperan mematahkan semangat. Motivasi adalah solusi terbaik, yang mampu memberikan koreksi-koreksi cerdas yang bernuansa pada niatan menumbuh kembangkan semangat menulis.
Saat ini kita sudah terlanjur mengedepankan semua tindakan kita harus terstandar dengan indek-indek atau koefisiensi standar dari luar negeri. Index scopus misalnya, saat ini menjadi ukuran “mati-dan hidupnya” sebuah karya yang terverifikasi. Index scopus menjadi “Dewa academia”, bahkan secara tidak terasa membuat lunturnya reputasi anak negeri. Lalu innovasi akan lemah dan merambah turunnya kreasi-kreasi. Perkenankan saya berpendapat beda, jika sebuah regulasi tidak memberikan tempat kepada kreasi anak negeri, maka kita akan kehilangan potensi-potensi yang luar biasa.
Journal on line, adalah sarana terbaik menyajikan karya anak negeri. Karya karya penelitian yang memiliki sensasi locally, namun menumbuhkan citra globally.
Demikian sambutan ini, semoga dimasanya yang tepat, akan tumbuh journal on line yang sangat dihormati.



No comments: